Mengenai Saya

Foto saya
sayah.......... cKaceV asli ti periangan yang lagi merantau jauh kedaerah orang untuk mencari ilmu, pengalaman, dan JODOH.... hehehehe.........

Jumat, 13 Juni 2008

Hibiscus sabdariffa (rosella)


Habitus dari rosella (Hibiscus sabdariffa) adalah Semak yang tumbuh tegak, tinggi 0,5 – 5 m. Daun berseling polymorphic, terdiri dari tangkai daun (petiolus), helai daun (lamina) dan tidak mempunyai upih (vagina); panjang tangkai (petiolus) 0,3-12 cm berwarna hijau sampai merah, panjang helaian (lamina) 2-15 cm, lebar Helaian (lamina) 2-15 cm ; sifat daun : bentuk daun (circum scriptio) lanset (lanceolatus), pangkal daun (basis folii) meruncing (acuminatus), tepi daun (margo folii) beringgit (crenatus), ujung daun (apex folii) runcing (acutus), tulang daun (nervatio) menjari (palminervis) dengan banyak kelenjar pada permukaan bawahnya, daging daun tipis lunak (herbaceus), permukaan daun berbulu halus jarang (pilosus), warna daun hijau, alat tambahan pada daun stipula bentuk benang, panjang 5-13 mm. .
Diameter batang 0,5-2,5 cm, permukaan batang beralus (sulcatus), bentuk batang membulat (teres), tipe batang berkayu (lignosus), arah tumbuh batang tegak lurus (erectus), percabangan pada batang sympodial.
Sistem perakaran adalah akar tunggang, bentuk akar adalah akar tunjang, bagian-bagian akar pangkal akar (collum), ujung akar (apex radicis), batang akar (corpus radicis), cabang akar (radix lateralis), serabut akar (fibrilla radicalis), bulu akar (pillus radicallis) dan tudung akar (calyptra).
Letak bunga terletak di ketiak daun (flos axilaris), bagian-bagian bunga adalh tangkai bunga (pedicellus), dasar bunga (receptacum), perhiasan bunga (perianthium), benang sari (stamen) dan putik (pistillum), klamin bunga berumah satu, panjang tangkai bunga 5-20 mm; bentuk kelopak (calyx) persistent menggenta bercuping 5 dengan cuping triangular hingga bulat telur; panjang kelopak 2,2 cm, warna kelopak hijau, jumlah daun kelopak (sepal) 8-11 daun kelopak, keadaan daun kelopak seperti kulit dan berbulu rata ; bentuk mahkota (corolla) bentuk bell, jumlah lingkaran mahkota 5 petala bebas, panjang mahkota 3 cm, warna mahkota putih atau kuning dengan merah pada bagian tengah dalam, jumlah daun mahkotaa (petal) 5 buah, keadaan daun mahkota bulat telur terbalik yang asimetrik ; jumlah setamen 8-13, panjang setamen 7-20 mm, warna stamen kekuningan, bagian-bagian stamen adalah tangkai sari (filamen) dan kepaa sari (anthera), bentuk kepala sari (anthera) bulat lonjong atau oval, letak kepala sari pada ujung dari benang sari; panjang putik 6-18 mm, warna putik kuning, bagian-bagian putik bakal buah (ovarium), tangkai putik (stylus) dan kepala putik (stigma), panjang tangkai putik (stylus) 4-15 mm, jumlah kepal putik (stegma) 5, warna kepala putik kuning atau merah, letak bakal buah (ovarium) superus atau diatas kelopak bunga.
Tipe buah bertutup (overculum), bentuk buah kapsul atau krucut, panjang 13-22 mm, lebar 11-20 mm, warna buah merah, permukaan buah berbintik-bintik dan berambut, bagian-bagian buah pedunculus, tali pusat (funiculus), biji dan eksocarpium, alat taambahan pada buah adalah berkas kelopa yang besar dan melindungi atau menutupi buah.
Bentuk biji bulat lonjong, jumlah biji 30-40 biji, panjang 3-5 mm, lebar 2-4 mm, warna biji coklat kemerahan, permukaan biji berbintik-bintik kecil , bagian-bagian biji adalah kulit luar (testa), kulit dalam (tegmen), radicula dan inti biji (nucleus seminis).   
Habitat berasal dari Afrika, sebaran dibudidayakan di wilayah-wilayah tropis dan subtropis, antara lain di Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Cina, pertumbuhan membutuhkan rata-rata temperatur bulanan 25-30 C, curah hujan 140-270 mm per bulan dan kelembaban udara (>70%), musim berbunga bulan Oktober - November, musim berbuah sekitar bulan Desember.
Manfat dari rosela diantaranya ekstrak serat dari kulit kayunya mempunyai kegunaan yang sama dengan rami (Corchorus spp.), yaitu untuk tas goni dan pakaian hessian., Bagian yang memiliki nilai ekonomis tanaman ini adalah kulit batang karena dari kulit batang tanaman ini dapat dihasilkan serat untuk berbagai keperluan, selain itu juga kelopak bunganya sangat bermanfaat, bagian kelopak bunga rosela yang berwarna merah berguna untuk mencegah penyakit kanker dan radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan melancarkan buang air besar.
Kelopak bunga rosela dapat diambil sebagai bahan minuman segar berupa sirop dan teh, selai dan minuman, terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal (juicy). Kelopak bunga tersebut mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam amin

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Kami sediakan benih yang unggul bunga Rosella merah dan Ungu mesir. Kami juga jual bunga kering rosella merah dan ungu / mesir yg siap konsumsi. harga murah dan berkwalitas. Silahkan sms kami di 081615841615 ( Bu Puput ). Pokoknya kwalitas Rosella kami yang higienis dan bermutu tinggi.

Anonim mengatakan...

Yang benar kelopak bunga apa kelopak buah ? Calyx yang sebenarnya yang mana ? Menurut saya ini penting demi ketepataninformasi. Nuwun.

Anonim mengatakan...

Emm,,anak biologi unsoed yah...

gi penelitian rosela,,,??!!

kalo ada info ttg rosela kasih tau dong...
khu_zhi@yahoo.com

Thanks..

Anonim mengatakan...

rumus bunga?

Anonim mengatakan...

klaw penanaman.a dgn cara apa? trus berkembangbiak dengan cara apa?
thank's